Translate

Jumat, 08 Maret 2013

MENGUKUR KEPUASAN MASYARAKAT ATAS LAYANAN KESEHATAN (PKMS)


Sebagai bentuk evaluasi atas pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta, TKPKD Kota Surakarta bekerjasama dengan Pattiro Solo bertempat di Rumah Makan Anggur (21/1/2013) mengadakan Sarasehan atas layanan Program Kesehatan Masyarakat Kota Surakarta (PKMS). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari proses penggalian masalah pelaksanaan layanan pendidikan BPMKS di tingkat masyarakat yang sudah dilakukan beberapa minggu sebelumnya oleh Pattiro. “Sarasehan ini dimaksudkan untuk mengkonfrontir antara temuan di tingkat masyarakat dan penyedia layanan khususnya puskesmas, RSUD dan rumah sakit swasta rekanan kerjasama PKMS” diungkapkan oleh Shemmy Samuel Rory, pelaksana harian TKPKD Kota Surakarta.

Disampaikan oleh dr. Siti Wahyuningsih, M. Kes Kepala Dinas kesehatan Kota Surakarta“ Hasil survey dalam mengukur tingkat kepuasan layanan puskesmas rata-rata 85 % s/d 95 % menyatakan puas, dinas kesehatan terus berupaya meningkatkan layanan. Berkaitan masih minimnya pemahaman masyarakat atas mekanisma program PKMS, DKK tidak henti-hentinya melakukan sosialiasasi baik lewat pamflet maupun pertemuan dengan tokoh masyarakat di 51 kalurahan”

1.       Temuan Terkait Implementasi JAMKESMAS
No
Masalah
keterangan
1
Hampir sebagian besar salah sasaran
Warga miskin tidak mendapat tetapi PNS,warga mampu justru mendapat Jamkesmas.
2
Tidak ada sosialisasi mekanisme Jamkesmas terbaru
Warga menggunakan Jamkesmas tetapi ditolak oleh Penyedia layanan kesehatan.
3
Kartu Jamkesmas terbaru rentan disalahgunakan.
Kartu tidak disertai foto dan tempat tanggal lahir.

4
Banyak salah nama, alamat maupun jenis kelamin.
Hampir semua kelurahan memiliki kasus yang sama

5
Penduduk Kabupaten lain mendapat Jamkesmas dengan alamat di Surakarta
Banyak warga kos/boro mendapatkan Jamkesmas

6
Warga yang meninggal masih mendapat Jamkesmas.
Banyak penduduk yang sudah meninggal tapi masih mendapat jamkesmas
7
Dalam satu KK tidak semua mendapat Jamkesmas
Ada anggota keluarga dalam satu KK tidak mendapatkan

2.       Rekomendasi Masyarakat
No
PKMS
JAMKESMAS
1
Ada sosialisasi yang sejelas-jelasnya tentang mekanisme PKMS

Adanya sosialisasi sejelas-jelasnya tentang mekanisme Jamkesmas

2
Adanya transparansi dan akuntabilitas dari penyedia layanan(RS) terkait kuota PKMS

Sosialisasi dasar/database penerbitan kartu kepesertaan Jamkesmas.

3
Mekanisme komplain yang jelas bagi masyarakat ketika menemui kendala dalam akses layanan kesehatan.

Mekanisme komplain bagi masyarakat ketika ada persoalan akses layanan kesehatan yang dijamin jamkesmas.

4
Tinjauan kembali terhadap penerbitan kepesertaan PKMS Gold di setiap awal tahun maupun kurang tepatnya sasaran peserta
Tinjauan kembali terhadap penerbitan kepesertaan Jamkesmas terbaru.


Oleh: Zakaria
          Korda Solo-Boyolali-wonogiri
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar