Sebagai
bentuk evaluasi atas pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kota
Surakarta, TKPKD Kota Surakarta bekerjasama dengan Pattiro Solo bertempat di Rumah Makan Anggur (21/1/2013)
mengadakan Sarasehan atas layanan Program Kesehatan Masyarakat Kota Surakarta (PKMS). Kegiatan ini
merupakan tindak lanjut dari proses penggalian masalah pelaksanaan layanan
pendidikan BPMKS di tingkat
masyarakat yang sudah dilakukan beberapa minggu sebelumnya oleh Pattiro. “Sarasehan ini dimaksudkan untuk
mengkonfrontir antara temuan di tingkat masyarakat dan penyedia layanan
khususnya puskesmas, RSUD dan rumah sakit swasta rekanan kerjasama PKMS”
diungkapkan oleh Shemmy Samuel Rory, pelaksana harian TKPKD Kota Surakarta.
Disampaikan oleh dr. Siti Wahyuningsih, M. Kes Kepala Dinas kesehatan Kota
Surakarta“ Hasil survey dalam mengukur
tingkat kepuasan layanan puskesmas rata-rata 85 % s/d 95 % menyatakan puas,
dinas kesehatan terus berupaya meningkatkan layanan. Berkaitan masih minimnya
pemahaman masyarakat atas mekanisma program PKMS, DKK tidak henti-hentinya
melakukan sosialiasasi baik lewat pamflet maupun pertemuan dengan tokoh
masyarakat di 51 kalurahan”
1.
Temuan Terkait
Implementasi JAMKESMAS
No
|
Masalah
|
keterangan
|
1
|
Hampir sebagian besar salah sasaran
|
Warga miskin tidak mendapat tetapi PNS,warga mampu
justru mendapat Jamkesmas.
|
2
|
Tidak ada sosialisasi mekanisme Jamkesmas terbaru
|
Warga menggunakan Jamkesmas tetapi ditolak oleh
Penyedia layanan kesehatan.
|
3
|
Kartu Jamkesmas terbaru
rentan disalahgunakan.
|
Kartu tidak disertai foto
dan tempat tanggal lahir.
|
4
|
Banyak salah nama, alamat maupun jenis kelamin.
|
Hampir semua kelurahan
memiliki kasus yang sama
|
5
|
Penduduk Kabupaten lain mendapat Jamkesmas dengan
alamat di Surakarta
|
Banyak warga kos/boro
mendapatkan Jamkesmas
|
6
|
Warga yang meninggal masih mendapat Jamkesmas.
|
Banyak penduduk yang sudah
meninggal tapi masih mendapat jamkesmas
|
7
|
Dalam satu KK tidak semua mendapat Jamkesmas
|
Ada anggota keluarga dalam
satu KK tidak mendapatkan
|
2.
Rekomendasi
Masyarakat
No
|
PKMS
|
JAMKESMAS
|
1
|
Ada sosialisasi yang sejelas-jelasnya tentang mekanisme
PKMS
|
Adanya sosialisasi sejelas-jelasnya tentang mekanisme
Jamkesmas
|
2
|
Adanya transparansi dan akuntabilitas dari penyedia
layanan(RS) terkait kuota PKMS
|
Sosialisasi dasar/database penerbitan kartu kepesertaan
Jamkesmas.
|
3
|
Mekanisme komplain yang
jelas bagi masyarakat ketika menemui kendala dalam akses layanan kesehatan.
|
Mekanisme komplain bagi
masyarakat ketika ada persoalan akses layanan kesehatan yang dijamin
jamkesmas.
|
4
|
Tinjauan kembali terhadap penerbitan kepesertaan PKMS
Gold di setiap awal tahun maupun kurang tepatnya sasaran peserta
|
Tinjauan kembali terhadap
penerbitan kepesertaan Jamkesmas terbaru.
|
Oleh: Zakaria
Korda Solo-Boyolali-wonogiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar